tahapan-tahapan audit dapat dijelaskan sebagai berikut:
a. kantor akuntan publik (KAP) dihubungi oleh pelanggan (klien) yang membutuhkan jasa audit.
b. KAP membuat janji untuk bertemu dengan calon klien untik membicarakan :
d. KAP melakukan audit field work (pemeriksaan lapangan) dikantor klien, setelah pemeriksaan dilakukan maka KAP memberikan draf audit report kepada klien, sebagai bahan untuk diskusi, setelah draf report disetujui klien, KAP akan menyerahkan final audit report, namun sebelumnya KAP harus meminta surat pernyataan langganan dari klien yang tanggalnya sama dengan tanggal audit report dan tanggal selesainya audit faudit field report.
e. selain audit report, KAP juga diharapkan memberi manajemen letter yang isinya memberi tahukan kepada manajemen mengenai kelemahan pengendalian intern perusahaan dan saran-saran perbaikannya.
a. kantor akuntan publik (KAP) dihubungi oleh pelanggan (klien) yang membutuhkan jasa audit.
b. KAP membuat janji untuk bertemu dengan calon klien untik membicarakan :
- alasan perusahaan untuk mengaudit laporan keuangannya (apakah untuk kepentingan pemegang saham dan direksi, pihak bank/kreditor, Bapepan, kantor pelayanan pajak, dan lain-lain.
- apakah sebelumnya perushaan perna diaudit KAP lain.
- apa jenis usaha perusahaan dan gambaran umum mengenai perusahaan tersebut.
- apakah data akuntansi perusahaan diproses secara menual atau dengan bantuan komputer.
- apakah sistem penyimpanan bukti-bukti pembukuan cukup rapih.
d. KAP melakukan audit field work (pemeriksaan lapangan) dikantor klien, setelah pemeriksaan dilakukan maka KAP memberikan draf audit report kepada klien, sebagai bahan untuk diskusi, setelah draf report disetujui klien, KAP akan menyerahkan final audit report, namun sebelumnya KAP harus meminta surat pernyataan langganan dari klien yang tanggalnya sama dengan tanggal audit report dan tanggal selesainya audit faudit field report.
e. selain audit report, KAP juga diharapkan memberi manajemen letter yang isinya memberi tahukan kepada manajemen mengenai kelemahan pengendalian intern perusahaan dan saran-saran perbaikannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar