Jumat, 09 September 2011

Arus Balik Lebaran ke Bali & Nusra Masih Ramai

BANYUWANGI - Arus balik Lebaran di pelabuhan penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang-Gilimanuk di Banyuwangi, Jawa Timur, masih padat. Arus balik didominasi sepeda motor dari berbagai kota di Jawa dengan tujuan berbagai kota di Bali dan nusa tenggara (nusra).

Antrean ribuan kendaraan pada Kamis (8/9/2011) pagi hingga siang, menyebabkan arus lalu lintas ke dermaga merayap.

Data di posko penyeberangan PT Indonesia Ferry Ketapang-Gilimanuk menyebutkan, hingga siang ini penumpang yang menyeberang tercatat sebanyak 270.724 orang, sepeda motor 47.978 unit, dan roda empat atau lebih mencapai 29.518 unit.

Sedangkan dari arah Gilimanuk, Bali, ke Ketapang, tercatat jumlah penumpang mencapai 177.627 orang, sepeda motor 11.689 unit, dan kendaraan roda empat atau lebih mencapai 24.680 unit.

Untuk mengantisipasi ledakan penumpang arus balik Lebaran dari Jawa menuju Bali dan nusa tenggara, PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang Gilimanuk mengoperasikan 30 unit kapal di lintas Selat Bali, 16 kapal di Dermaga Ponton dan Movable Bridge, serta 14 kapal dioperasikan di Dermaga Landing Chift Macine (LCM).

Manager Operasi PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang-Gilimanuk, Saharudin Koto, mengatakan meski sudah mencapai puncak, arus balik Lebaran di Ketapang masih sangat padat. Pihaknya memprediksikan kepadatan akan terus terjadi hingga H+15 Lebaran atau Minggu 11 September mendatang.
(ton)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar