Minggu, 19 Februari 2012

karya ilmiah sederhana


BAB I
PENDAHULUAN


A.  Latar  Belakang  Masalah


       Kegiatan  pembelajaran  di  sekolah  adalah  kegiatan  pendidikan  pada umumnya,  yang  menjadikan  siswa  menuju  keadaan  yang  lebih  baik. Pendidikan  dalam  hal  ini  sekolah  tidak  dapat  lepas  dari  peran  guru  sebagai fasilitator  dalam  penyampaian  materi.  Profesionalisme  seorang  guru  sangatlah dibutuhkan  guna  terciptanya  suasana  proses  belajar  mengajar  yang  efisien dan  efektif  dalam  pengembangan  siswa  yang  memiliki  kemampuan  beragam. Pembelajaran  pada  dasarnya  adalah  proses  interaksi  antara   peserta  didik dengan  lingkungannya,  sehingga  terjadi  perubahan  perilakau  kearah  yang lebih  baik.


       Pemecahan  masalah  merupakan  fokus  dalam  pembelajaran  yang  artinya sebelum  siswa  belajar  harus  melalui  sesuatu  yang  berkaitan  dengan kehidupan  sehari  hari  yang  masalahnya  bersifat  tertutup  dan  terbuka. Oleh karena  itu  pada  proses  pembelajaran  guru  perlu  meningkatkan  kemampuan menjadi  guru  professional  dan  kreatif  dalam  mengembangkan  kemampuan mengajar  sehingga  siswa  dapat  maksimal walaupun  dalam  kenyataannya  guru-guru  di  Indonesia  sebagian  besar  masih  mempertahankan  metode-metode  pembelajaran  lama.  Kemampuan  guru  sebagai  salah  satu  usaha meningkatkan  mutu  pendidikan  di  sekolah  dimana  guru  merupakan  elemen  di sekolah yang secara langsung dan aktif bersinggungan dengan siswa, kemampuan  yang  dimaksudkan  adalah  kemampuan  mengajar  dengan menerapkan  model  pembelajaran   yang  tepat,  efisien  dan  efektif.
Menurut  UNESCO: “learning  to  know,  learning  to  do,  learning  to  be,  and learning  to  live  together “  siswa  bukan  hanya  duduk  diam  dan  mendengarkan.   Siswa  harus  diberdayakan  agar  siswa  mau  serta  mampu berbuat  untuk  memperkaya  pengelaman  belajar  (learning  to  do ).  Interaksi siswa  dengan  lingkungannya  menuntut  mereka  untuk  memahami  pengetahuan yang  berkaitan  dengan  dunia  sekitarnya  (learning  to  know).  Interaksi  tersebut  diharapkan  siswa  dapat  membangun  jat i diri  (learning  to  be).

        Kesempatan  berinteraksi  dengan  berbagai  individu  atau  kelompok  yang bervariasi  akan  membentuk  kepribadian  untuk  memahami  kebersamaan,  bersikap  toleransi  terhadap  teman  (learning  to  live  together).  Untuk  mencapai  tujuan  yang  diatas  dibutuhkan  metode  pengajaran  yang  sesuai, salah  satunya  adalah  metode  pembelajaran  Based  Learning.  Based  Learning adalah  suatu  metode  pembelajaran  kooperatif  berdasarkan  pada  prinsip penggunaan  permasalahan  sebagai  titik  awal  untuk  penggadaan  pengetahuan baru.  Pendekatan  pemecahan  masalah  ini  menempatkan  guru  sebagai fasilitator  dimana  kegiatan  belajar  mengajar  akan  dititik  beratkan  pada keaktifan  siswa,  kegiatan  belajar  ini  dapat  mengasah  kemampuan  siswa dalam  memahami  konsep,  menggunakan  penalaran,  memecahkan  masalah, mengemukakan  gagasan  atau  ide  dan  mampu  bekerja sama.   Proses  pembelajaran  yang  mengikut  sertakan  siswa  secara  aktif  secara  individu maupun  kelompok,  akan  lebih  bermakna  karena  dalam  proses  pembelajaran siswa  mempunyai  lebih  banyak  pengalaman.  Dengan  pembelajaran  dengan metode  pembelajaran  Based   Learning  siswa  akan  lebih  kreatif.


       Pada  umumnya,  yang  hadir  di  ruang  kelas  adalah  terjadinya pembelajaran  tradisional   yang  dapat  menjadikan  siswa  sebagai  objek pembelajaran  dengan  aktivitas  utamanya  untuk  menghafal  materi  pelajaran, mengerjakan  tugas  dari  guru,  menerima   hukuman  jika  melakukan  kesalahan,  dan  kurang  mendapatkan  penghargaan  terhadap hasil  kerjanya.  

       Situasi  pembelajaran  seperti  ini  jika  terus  dipertahankan  akan  membawa dampak  yang  buruk  bagi  siswa,  di  mana  kondisi  ini  akan  memunculkan sikap kegagalan dan  mempertahankan  diri.  Siswa  akan  merasa  apa yang mereka kerjakan  bukan  merupakan  apa  yang  mereka  inginkan.  Jika  terjadi  sesuatu  di  luar  keinginan  siswa,  maka  dia  akan  berusaha  untuk  berbohong  atau menutupi  apa  yang  mereka  rasakan  dan  alami  dalam  kegiatan  pembelajaran.
Mengapa  menggunakan  based  learning?  Karena  Based  learning  menawarkan sebuah  konsep  untuk  menciptakan  pembelajaran  dengan  berorientasi  pada  upaya  pemberdayaan  potensi  otak  siswa.  Tiga  strategi  utama  yang  dapat dikembangkan  dalam  based  learning.



B. Tujuan

Dengan  strategi  pembelajaran  baru  ini,   diharapkan  adanya  perubahan  dari:
1. Mengingat  atau  menghafal   ke  arah  berpikir  dan  pemahaman 
2. Model  ceramah  ke  pendekatan:  discovery  learning
3. Belajar  secara  individu  ke  belajar  bersama-sama
4. Behavioristik  ke  konstruktivisme,  yang  ditandai  dengan  perubahan                           paradigma  pembelajaran,  dari  paradigma  pengetahuan  dipindahkan  dari  otak guru  ke  otak  siswa 
5. Terkonstruksinya  pengetahuan  siswa  Karena  itulah  pendekatan  dan  strategi pembelajaran  yang  dapat  disarankan  adalah  suatu  pendekatan  yang didasarkan  pada  suatu  pendapat  bahwa  pemahaman  suatu  konsep  atau pengetahuan  haruslah  dibangun  sendiri  oleh  siswa.

C. Permasalahan 

Dari  metode  pembelajaran  Based  Learning  timbulah  berbagai  permasalahan antara  lain  adalah:
 Apakah  metode  Based  Learning?
 Apa  sajakah  ciri  Based  Learning?
 Apa  sajakah  kelemahan  dan  kelebihan  dari  Based  Learning?


       Pada  umumnya,  yang  hadir  di  ruang  kelas  adalah  terjadinya pembelajaran  tradisional   yang  dapat  menjadikan  siswa  sebagai  objek pembelajaran  dengan  aktivitas  utamanya  untuk  menghafal  materi  pelajaran, mengerjakan  tugas  dari  guru,  menerima   hukuman  jika  melakukan  kesalahan,  dan  kurang  mendapatkan  penghargaan  terhadap hasil  kerjanya.  

       Situasi  pembelajaran  seperti  ini  jika  terus  dipertahankan  akan  membawa dampak  yang  buruk  bagi  siswa,  di  mana  kondisi  ini  akan  memunculkan sikap kegagalan dan  mempertahankan  diri

BAB II
PEMBAHASAN



A. METODE BASED LEARNING 

        Dalam  kehidupan  sehari-hari,  seringkali  kita  mendengar  percakapan seperti:  “Kalau  ada  masalah,  mari  kita  diskusikan  bersama ” atau “  Segala sesuatu  akan  dapat  kita  selesaikan  dengan  baik  apabila  kita  diskusikan permasalahannya”.  Dari  percakapan  tersebut,  kita  mendapat  gambaran  bahwa diskusi  merupakan  pembicaraan  antara  dua  orang  atau  lebih  untuk membicara  kan  suatu  masalah  dan  menyelesaikannya.


       Based  learning  adalah  strategi  pengajaran  di  mana  satu  kelas  dibagi beberapa  kelompok,  kemudian  diberi  masalah  dan  siswa  bersama-sama memecahkan  masalah  tersebut.  Satu  kelas  dibagi  beberapa  kelompok  yang mesing-masing  kelompok  terdiri  dari  3-6  orang  untuk  mendiskusikan  suatu topik  atau  memecahkan  suatu  masalah,  bisa   dilakukan  di  dalam  kelas  atau di  luar  kelas.  Dalam  satu  kelompok  ini,  mereka  mempunyai  tugas diantaranya:

o  Membantu  memecahkan  masalah  yang  dihadapi
o  Menampilkan  saran-saran  untuk  mendiskusikan  atau  memecahkan  masalah
o  Mendengarkan  baik-baik  dan  menghargai  sumbangan  pikiran  anggota-anggota  lainnya
o  Mengembangkan  pendapat  atas  dasar  pendapat  anggota  lainnya
Memecahkan  masalah   merupakan  metode  belajar  yang  mengharuskan   pelajar  untuk  menemukan  jawabannya.  Metode  ini  dapat  didasarkan  pada penelitian,   pengajaran  proyek,  pengajaran  unit  yang  terintegrasi,  pendekatan interdisipliner,  pelajaran  individual  dan  pengajaran  yang  aktif.  Yang  penting ialah,  bahwa  setiap  metode  yang  digunakan  mempunyai  tujuan  untuk mendidik  anak  agar  sanggup  memecahkan  masalah.
     
       Langkah-langkah  yang  diikuti  dalam  pemecahan  masalah,  pada  umumnya seperti  yang  dikemukakan  oleh  John  Dewey,  yaitu:
o  Pelajar  dihadapkan  pada  masalah
o  Pelajar  merumusakan  masalah  itu
o  Pelajar  merumuskan  hipotesis
o  Pelajar  menguji  hipotesis  tersebut

Tiga strategi utama yang dapat dikembangkan dalam based learning adalah:

       1. Menciptakan  lingkungan  belajar  yang  menantang  kemampuan  berpikir siswa. Dalam setiap  kegiatan  pembelajaran,  sering-seringlah  guru  memberikan soal-soal  materi  pelajaran  yang  memfasilitasi  kemampuan  berpikir  siswa  dari mulai  tahap  pengetahuan  sampai  tahap  evaluasi. Soal-soal   pelajaran  dikemas semenarik  mungkin,  misalnya  melalui  teka-teki,  simulasi  games,  agar  siswa dapat  terbiasa  untuk  mengembangkan  kemampuan  berpikirnya  dalam  konteks pemberdayaan  potensi  otak  siswa.

       2. Menciptakan  lingkungan  pembelajaran  yang  menyenangkan.  Hindarilah situasi  pembelajaran  yang  membuat  siswa  merasa  tidak  nyaman  dan  tidak senang  terlibat  di  dalamnya.  Lakukan  kegiatan  pembelajaran  dengan  diskusi kelompok  yang   diselingi  dengan  permainan-permainan  menarik,  dan  upaya-upaya  lainnya  yang  mengeliminasi  rasa  tidak  nyaman  pada  diri  siswa.  Seseorang  akan  belajar  dengan  segenap  kemampuan  apabila  dia  menyukai apa  yang  dia  pelajari  dan  dia  akan  merasa  senang  terlibat  di  dalamnya.

       3. Menciptakan  situasi  pembelajaran  yang  aktif  dan  bermakna  bagi  siswa.  Siswa  sebagai  pembelajar  dirangsang  melalui  kegiatan  pembelajaran untuk  dapat  membangun  pengetahuan  mereka  melalui  proses  belajar  aktif yang  mereka  lakukan  sendiri.  Bangun  situasi  pembelajaran  yang memungkinkan  seluruh  anggota  badan  siswa  beraktivitas  secara  optimal, misal  mata  siswa  digunakan  untuk  membaca  dan  mengamati,  tangan  siswa bergerak  untuk  menulis,  kaki  siswa  bergerak  untuk  mengikuti  permainan dalam  pembelajaran,  mulut  siswa  aktif  bertanya  dan  berdiskusi,  dan  aktivitas produktif  anggota  badan  lainnya.



BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN

       Dari  pembahasan  di  atas  bahwa  pembelajaran  Based  learning  adalah strategi  pengajaran  di  mana  satu  kelas  dibagi  beberapa  kelompok,  kemudian diberi  masalah  dan  siswa  bersama-sama  memecahkan  masalah tersebut.  Namun  dalam  setiap  pembelajaran  memiliki  kelemahan  dan  kekurangan.  Namun  dalam  pembelajaran  ini  siswa  dituntut  untuk  aktif.  Selain  itu  Based Learning  adalah  suatu  metode  pembelajaran  kooperatif  berdasarkan  pada prinsip  penggunaan  permasalahan  sebagai  titik  awal  untuk   penggadaan pengetahuan  baru.

B. Saran – Saran
       Dari  pembelajaran  Based  learning  dapat  disarankan  bahwa  dari kelemahan  dan  kelebihanya  siswa  diharapkan  mampu  untuk :
 Belajar mengemukakan  pendapat  atau  berbicara
 Mengasah  siswa untuk mencari  ide  ide 
 Belajar  untuk  memahami pendapat  dan  diharapkan  lebih  mengerti  dengan penjelasan  teman  atau  kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar